Degra simba | Solusi Jitu mengatasi Masalah Wc/Toilet Mampet Tanpa Sedot: Septictank 2 - 3 ruang tertutup

Senin, 05 Desember 2016

Septictank 2 - 3 ruang tertutup

Septictank 3 ruang tertutup ini cocok bagi anda yang mempunyai ruang atau lahan yang cukup luas, karena septictank 3 ruang tertutup ini didesain dengan ukuran sedang sampai jumbo.
berikut ini cara membuat septictank 3 ruang tertutup  :

 – gali tanah dengan ukuran panjang minimal 2 meter dan lebar minimal 1 meter, sedangkan kedalamannya minimal 1 meter.


– Jika tanah sudah digali sesuai keinginan, kini anda tinggal memasang bata sebagai dindingnya.


– setelah itu pasang bata melintang seperti anda membuat ruangan atau kamar sebanyak tiga ruang.(lihat gambar)

– ruang yang pertama bagian bawah biarkan berlubang dengan diameter 20cm s/d 50cm, hal ini dimaksudkan agar memaksimalkan volume ruang pertama untuk mengisi ruang kedua.

– ruang kedua itu terserah anda, bisa membuat lubang ditengah atau membuat lubang di atas.(saran saya anda buat lubang diatas saja,karena itu berfungsi menahan debit kotoran dan airnya saja yang masuk ke ruang 3)

– berikut adalah ruang ketiga, saya menyarankan pada ruang ketiga ini pada bagian dinding dan dasarnya jangan anda semen atau di plester, tujuannya agar limbah kotoran cair dapat meresap kedalam tanah.


Bagi anda yang tempat tinggalnya berhimpit-himpitan atau ruangan dan lahan yang terbatas, septictank 2 ruang ini mungkin bisa jadi solusi anda. Karena selain pembuatannya yang cukup mudah,praktis dan cepat, septictank 2 ruang ini juga dapat menghemat waktu dan biaya anda.


caranya pun sama seperti membuat septictank 3 ruang, cuma bedanya pada lubangnya. Pada septictank 3 ruang kita harus membuat 2 lubang (pertama dibawah dan yang kedua diatas), sedangkan pada septictank 2 ruang ini kita hanya membuat 1 lubang yang berada diatas (tepat diatas tutup septictank). Lubangnya pun jangan terlalu besar  dan saya sarankan menggunakan pipa pvc yang berukuran 2″-3″, hal ini dimaksudkan agar airnya saja yang masuk pada ruang 2 dan endapan lumpur tetap pada bagian ruang pertama.